'AISYAH (Hari Ke 5 Tantangan Kampus Fiksi)



Assalamualaikum wr.wb......
Gimana kabar kalian hari ini? Ada berita buruk? Atau berita baik? Yah apapun yang terjadi hari ini tetap semangat ya gaess seperti gue yang always semangat buat menjawab tantangan 7 hari menulis dari kampus fiksi ini, oh ya btw ini hari ke 5 gue menjawab tantangan (wiih gak kerasa yaa), dan tantangan di hari ke 5 ini temanya adalah “Ambil sebuah buku terdekatmu. Carilah sebuah paragraph di dalam buku tersebut yang sangat ingin kamu tuliskan dan kenapa kamu memilih paragraph tersebut.” Yap itu dia temanya, nah hari ini gue pulang kuliah jam 3 sore kepala gue udah mumet banget habis ngadepin 3 mata kuliah yang semuanya berbau kimia mulai dari kimia organik, kimia fisik, dan terakhir kimia SMP. Pulang kuliah itu gue bener-bener capek dan males ngapa-ngapain sampe akhirnya gue inget kalo gue belum nulis tantangan buat hari ini.  Akhirnya gue memutuskan untuk nyari buku yang bisa gue baca dan gue jadikan bahan tulisan, tapi masalahnya di rak buku gue gak ada buku bacaan selain buku-buku berbau pelajaran kimia (just for your information gue ini mahasiswi jurusan pendidikan kimia, jadi yaa wajarlah kalo bukunya buku kimia semua) akhirnya gue pindah ke rak buku temen satu kamar kos gue, namanya Devi. Gue gak sengaja nemuin sebuah buku yang tebalnya kira-kira 350 halaman, judul bukunya ’AISYAH. Karena ini satu-satunya buku yang covernya menarik diantara buku-buku yang lain jadi gue memutuskan untuk baca buku ini.


Buku ini dipinjem Devi dari salah satu seniornya, dan udah lama banget buku ini ada di kamar, tapi baru kali ini gue buka dan gue baca, buku ini keseluruhan membahas tentang sejarah lengkap kehidupan ummul mu’minin ‘Aisyah r.a. Gue cukup excited sama isi bukunya, dan bener-bener kagum sama sosok istri rasulullah yang satu ini. Jujur gue gak tau banyak tentang ‘Aisyah r.a selain tau kalau dia adalah istrinya rasulullah s.a.w. Tapi setelah baca buku ini gue baru sadar ternyata dia wanita yang luar biasa dan patut banget buat dijadikan contoh. Ada satu paragraf menarik yang gue temukan di buku ini, yang menceritakan bagaimana sosok seorang ‘Aisyah r.a sebenarnya.
“Kecerdasan Aisyah menggabungkan dua sifat yang saling bertentangan ini dengan sempurna. Telah kita singgung sebelumnya, bahwa Aisyah menjalani kehidupannya dibawah naungan Nabi s.a.w. Dia kuat  dan tegar dalam menghadapi kepahitan, kesengsaraan, dan kerasnya kehidupan. Tidak pernah terdengar dari lisannya keluhan sedikitpun. Meskipun menyaksikan betapa pundi-pundi dan kas Negara penuh berisi harta kekayaan, dia tidak pernah berani meminta tambahan nafkah, dan tidak pernah berfikir untuk melakukan hal itu. Dia tetap memilih hidup dengan zuhud dan qana’ah, tidak mengenakan pakaian yang mahal dan perhiasan yang berharga. Dia tidak mau tinggal di istana yang megah, yang penuh dengan kemewahan hidup dan kenikmatan yang berlimpah.”
Alasan kenapa gue milih paragraph ini daripada paragraf yang lain karena, paragraf ini yang bikin gue bener-bener kagum sama sosok Aisyah. MasyaAllah, bener-bener wanita yang luar biasa, sayangnya ditantangan ini Cuma diminta 1 paragraf aja padahal dibuku ini banyak banget paragraph yang gue suka dan semuanya membahas tentang keistimewaan seorang Aisyah yang menurut gue gak ada tandingannya, dan Ngomongin soal Aisyah r.a sebenarnya banyak banget teladan yang patut dicontoh dari Aisyah terutama untuk wanita-wanita di era sekarang. Secara di jaman yang semuanya serba modern gini susah banget nemuin wanita seperti Aisyah yang gak tergiur sama tawaran-tawaran dunia. Mungkin banyak banget dari kita yang gak tau siapa Aisyah r.a, nah untuk itu gue mau berbagi sedikit info mengenai siapa sih Aisyah r.a itu?
Ummul Mukminin Ummu Abdillah Aisyah binti Abu Bakr, Shiddiqah binti Shiddiqul Akbar, adalah istri tercinta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, nabi Muhammad s.aw menikahi beliau waktu beliau berumur 6 tahun (masih muda banget ya gaes) nabi menikahi aisyah pasca wafatnya khadijah, berdasarkan literature yang gue baca alas an nabi menikahi Aisyah karna printah langsung dari Allah SWT loh, Bukhari dan Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya, dari 'Aisyah Rodhiallahu ‘anha, dia berkata: "Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: 'Aku pernah melihat engkau dalam mimpiku tiga hari berturut-turut (sebelum aku menikahimu). Ada malaikat yang datang kepadaku dengan membawa gambarmu yang ditutup dengan secarik kain sutera. Malaikat itu berkata: 'Ini adalah istrimu'. Aku pun lalu membuka kain yang menutupi wajahmu. Ketika ternyata wanita tersebut adalah engkau ('Aisyah), aku lalu berkata: 'Jika mimpi ini benar dari Allah, kelak pasti akan menjadi kenyataan.''’ (masyaAllaah…)
Aisyah r.a adalah seorang wanita yang cantik dan cerdas, ia tumbuh besar dalam pengasuhan rasulullah saw,banyak ilmu pengetahuan yang dikuasainya meskipun beliau bukan lulusan perguruan tinggi. Banyak keistimewaan-keistimewaan dari seorang Aisyah r.a yang udah gue rangkum dari beberapa sumber nih gaess diantaranya :
1.      Aisyah adalah satu-satunya istri rasulullah yang dinikahi waktu gadis, beda dengan istri-istrinya yang lain yang dinikahi tatkala janda
2.      Aisyah adalah istri Nabi yang paling dicintai, sekaligus putri dari laki-laki yang paling dicintai. Ini terdapat dalam Shahih Bukhari dan Muslim, bahwa ‘Amr bin ‘Ash Rodhiallahu ‘anhu pernah bertanya kepada Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam: “Siapakah orang yang paling engkau cintai, wahai Rasulullah?" Rasul menjawab: '''Aisyah.'' 'Amr bertanya lagi: "Kalau laki-­laki?" Rasul menjawab: "Ayahnya.
3.      Aisyah adalah wanita yang dibela kesuciannya dari langit ketujuh.
Prahara tuduhan zina yang dilontarkan orang-orang munafik untuk menjatuhkan martabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat istri beliau telah tumbang dengan turunnya 16 ayat secara berurutan yang akan senantiasa dibaca hingga hari kiamat.
Namun, karena ketawadhu’annya (kerendahan hatinya), Aisyah mengatakan, “Sesungguhnya perkara yang menimpaku atas diriku itu lebih hina bila sampai Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tetnangku melalui wahyu yang akan senantiasa dibaca.” (HR. Bukhari (4141))
4.      Aisyah adalah wanita yang dibersihkan namanya langsung dari atas langit ketujuh. Dia juga adalah wanita yang telah membuktikan kepada dunia sejak 14 abad yang lalu bahwa seorang wanita memungkinkan untuk lebih pandai daripada kaum laki-laki dalam bidang politik atau strategi perang.
5.      Tatkala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sakit, Beliau memilih tinggal di rumah Aisyah dan akhirnya Beliau pun meninggal dunia dalam dekapan Aisyah.
Berkata Abu Wafa’ Ibnu Aqil, “Lihatlah bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih untuk tinggal di rumah Aisyah tatkala sakit dan memilih bapaknya (Abu Bakr) untuk menggantikannya mengimami manusia, namun mengapa keutamaan agung semacam ini bisa terlupakan oleh hati orang-orang Rafidhah padahal hampir-hampir saja keutamaan ini tidak luput sampaipun oleh binatang, bagaimana dengan mereka…?!!”

6.      Para pembesar sahabat apabila menjumpai ketidakpahaman dalam masalah agama, maka mereka datang kepada Aisyah dan menanyakannya hingga Aisyah menyebutkan jawabannya. Berkata Abu Musa al-Asy’ari, “Tidaklah kami kebingungan tentang suatu hadits lalu kami bertanya kepada Aisyah, kecuali kami mendapatkan jawaban dari sisinya.” (Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi (3044))

*beberapa infonya gue ngutip dari internet maaf kalau salah, karna kesempurnaan datangnya hanya dari Allah hehe
Woow, gimana menurut kalian sosok seorang Aisyah r.a? patut banget jadi contoh kan? Apalagi buat kita-kita wanita jaman sekarang, uughh so proud of you Aisyah r.a. mungkin segitu aja info dari gue hari ini, thanks for reading sampai ketemu lagi gaess….

Pontianak, 15 Maret 2017  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI "TENTANG TERANG"

PUISI "AKU PENAT"

PARADISE FALLS "7 Hari Tantangan Menulis #Kampusfiksi dan #Basabasi Strore"